PENDIDIKAN - REMAJA - KELUARGA: Ajak Siswa Melakukan Refleksi Pembelajaran Melalui Blog

16/03/2023

Ajak Siswa Melakukan Refleksi Pembelajaran Melalui Blog

AJAK SISWA MELAKUKAN REFLEKSI PEMBELAJARAN MELALUI BLOG

Oleh: Nanang M. Safa

 


Tema                          : Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Judul                          : Ajak Siswa Melakukan Refleksi Pembelajaran Melalui Blog

Pertemuan ke           : 29

Gelombang ke          : 28

Nara Sumber             : Bambang Purwanto, S,Kom, Gr

Moderator                  : Gina Dwi septiani, S.Pd, M.Pd

 

Blog bukan lagi sesuatu yang asing di kalangan guru dan siswa. blog menjadi salah satu bukti eksistensi seseorang. Melalui blog Anda bisa mengabadikan tulisan-tulisan Anda sekaligus memublikasikannya sebagai bentuk pertanggungjawaban keilmuan Anda sebagai guru. Selanjutnya Anda juga bisa menularkan virus ngeblog kepada para siswa. mereka juga pasti akan merasa senang karena bisa mengabadikan karya mereka tanpa harus dibebani biaya mahal.

 

Refleksi Pembelajaran

Refleksi diri merupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran. Tidak perlu banyak waktu untuk kegiatan refleksi diri ini. Cukup 5-10 menit saja. Refleksi diri lazimnya dilakukan setelah kegiatan pembelajaran inti selesai. refleksi adalah upaya mengajak siswa dalam rangka mengendapkan arti manusiawi terkait materi yang telah dipelajari. Upaya ini juga dilakukan untuk mengetahui pentingnya pengetahuan tersebut bagi sesama (https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6162106/refleksi-dalam-dunia-pendidikan-ini-pengertian-dan-cara-melakukannya).

Rtefleksi pembelajaran menjadi hal penting untuk memberikan umpan balik (feetback) secara lisan maupun tertulis untuk meningkatkan kemampuan siswa mengekspresikan kesan yang mereka tangkap dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Dari refleksi ini akan dapat diketahui kelebihan dan kekurangan selama proses pembelajaran, termasuk di dalamnya seberapa dalam materi pembelajaran dapat dikuasai siswa.

Kegiatan refleksi pembelajaran bukan sekedar kegiatan bicara dan menulis namun butuh totalitas dalam mengkritisi pengalaman di masa lalu, mengevaluasi peristiwa di masa kini, serta memetakan rencana di masa depan. Dengan melakukan refleksi diri siswa akan dapat memahami nilai-nilai keyakinan sehingga dapat membantu mereka untuk mengembangkan dirinya menjadi lebih baik lagi. Di sisi guru, dengan refleksi pembelajaran ini akan dapat mengembangkan dirinya untuk menjadi guru yang professional.


Blog Sebagai Media Refleksi Pembelajaran

Beberapa alasan menjadi blog sebagai media refleksi pembelajaran bagi siswa adalah:

1.     Blog memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan diri secara bebas dan lepas dari rasa takut. Di blog siswa dapat menulis tentang apa saja yang mereka rasakan, yang mereka fikirkan, dan yang mereka alami selama proses pembelajaran. Dengan demikian siswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang diri mereka sendiri.

2.     Blog menjadi wadah bagi siswa untuk mengenali kekurangan dan kelebihannya sehingga bisa menjadi media untuk menggali potensi diri sekaligus menggunggah rasa percaya diri mereka.

3.     Blog membantu siswa untuk memperbaiki diri dari kesalahan sehingga terhindar dari kesalahan yang sama di kemudian hari. Dari sini mereka belajar menjadi individu yang lebih baik.

4.     Blog memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berbagi dengan orang lain. Pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapatkan dapat mereka bagi melalui tulisan, foto atau video yang bermanfaat bagi banyak orang.

5.     Blog bisa menjadi media untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa sebagai bentuk praktek langsung keterampilan berbahasa.

6.     Blog melatih siswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Ketika mereka harus melakukan refleksi pembelajaran melalui blog maka secara otomatis mereka akan lebih berkonsentrasi dalam kegiatan pembelajaran untuk nantinya akan mereka jadikan bahan tulisan di blog.  

7.     Blog dapat memperluas jangkauan pembaca bukan hanya di kalangan teman-teman dan guru mereka saja namun bagi siapapun yang membuka dan membaca refleksi yang mereka tulis. Umpan balik dari para pembaca di luar sana akan sangat berarti untuk membantu mereka mengembangkan potensinya.

8.     Blog dapat meningkatkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Untuk bisa ngeblog tentu siswa harus belajar cara-cara ngeblog termasuk cara mengelola blog, membuat konten untuk blog, posting konten, dan sebagainya. Nah, dengan belajar teori dan praktek langsung inilah mereka akan semakin mahir dalam menggunakan blog untuk kegiatan pembelajaran.

9.     Blog bisa dijadikan media untuk membangun personal branding dalam bentuk digital sehingga kelebihan dan prestasi mereka dapat diketahui oleh orang lain yang sangat mungkin akan sangat bermanfaat bagi kehidupan mereka di masa depan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar ya...